Senin, 31 Agustus 2009

Cara Melaksanakan Shalat Tarawih

>> Dalam hadits Bukhari riwayat 'Aisyah menjelaskan bahwa cara Nabi saw. melaksanakan shalat malam adalah dengan melakukan tiga kali salam, masing-masing terdiri dari 4 rakaat yang sangat panjang, ditambah 4 rakaat yang panjang pula, dan ditambah 3 rakaat sebagai penutup.
>> Bentuk lain yang mendapatkan penegasan secara qauli dan fi'li juga menunjukan bahwa shalat malam juga dapat dikerjakan 2 rakaat-2 rakaat dan ditutup dengan satu rakaat. Ibnu Umar ra. menceritakan bahwa seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. tentang cara Rasulullah mendirikan shalat malam. Beliau menjawab, 'shalat malam didirikan 2 rakaat-2 rakaat. Jika ia khawatir akan tibanya waktu Subuh, maka hendaknya ia menutup dengan satu rakaat.' (HR. Mautafaq 'Alaih, Al Lu'lu' wal Marjan 432)
>> Ibnu Hajar menegarkan bahwa Nabi saw. terkadang melakukan Witir/menutup shalatnya dengan satu rakaat dan terkadang menutupnya dengan 3 rakaat.
Dengan demikian, shalat malam termasuk shalat Tarawih dapat didirikan dengan 2 rakaat-2 rakaat dan ditutup dengan satu rakaat, atau 4 rakaat-4 rakaat dan ditutup dengan 3 rakaat.

Tidak ada komentar: